Home/Uncategorised/Sekda Siswanto Optimis Raih Adipura

Sekda Siswanto Optimis Raih Adipura

Sekretaris Daerah Siswanto optimis meraih piala adipura 2017 mendatang. Optimisme Sekda Ngawi didasarkan pada 2 kali raihan sertifikat adipura di tahun ini dan tahun kemarin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas Peningkatan Kinerja dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Perkotaan Tahun 2016.

Sertifikat penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup itu diserahkan Menteri KLHK Siti Nurbaya saat Peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia, Jumat (22/7) di Halaman Istana Siak Sekda Ngawi Siswanto yang mewakili Bupati menerima langsung penghargaan tersebut dari Menteri KLHK Siti Nurbaya.

“Meski Kab. Ngawi kembali mendapat sertifikat Adipura yang kedua kalinya, Kab. Ngawi tetap akan terus berusaha dan meningkatkan kinerja untuk mendapatkan capain lebih baik lagi dari sekarang,” ungkap Sewkda Ngawi usai menerima sertifikat adipura. Menurut Siswanto, untuk mendapatkan sertifikat tersebut juga tidak mudah, karena Kab. Ngawi harus melalui berbagai tahapan penilaian yang ektra ketat dari tim penilai mulai dari tim independen, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Prov. Jawa Timur dan  Tim dari Kementerian yang datang langsung untuk memantau kelapanagan serta dilakuakan pemaparan di depan tim penilai yang terdiri dari pakar lingkungan hidup, terang Siswanto. Untuk itu Siswanto,  menghimbau kepada seluruh SKPD terkait, “ untuk bisa berkomitmen dengan melengkapi  dan meningkatkan sarana dan prasarana yang sudah ada, yang salah satunya terkait dengan peningkatan pemanfaatan TPA ( Tempat Pembuangan Akhir) dan anggaran kelengkapan infrastruktur. Sehingga bisa menyempurnakan penilaian terhadap pencapaian indikator-indikator, untuk memperoleh piala adipura” tandas Siswanto .

Sementara itu Kepala Kantor Lingkungan Hidup  (KLH) Ngawi Susirman juga menyampaikan bahwa Kab. Ngawi sedang berupaya meningkatkan peran bank-bank sampah yang berada di Kab. Ngawi untuk memberikan kesadaran pada masyarakat Ngawi bahwa ada sesuatu yang bernilai ekonomi yang didapat dari pemanfaatan sampah selain itu KLH dan Pemda Ngawi juga berupaya mengembangkan pemanfaatan gasmetan yang dihasilkan dari pengelolaan sampah yang ada di TPA . Sudirman juga  berharap kesadaran masyarakat Ngawi dalam meningkatkan kebersihan dilingkungan sekitar, karena dengan berbagai hal diatas bukan tidak mungkin Kab. Ngawi berhasil mendapatkan penghargaan Adipura di tahun mendatang.